Jumat, April 15, 2016

TIPS MEMILIH BURUNG KACER MUDA HUTAN YANG BERMENTAL BAGUS

                     MEMILIH KACER BAHAN YANG BAIK

kacer poci muda hutan
kacer dada putih/poci by Plat AE


MEMILIH KACER BAHAN DAN MUDA HUTAN

     
       Dalam postingan sebelumnya saya udah membahas tentang ciri dan karakteristik burung kacer,sekarang saya akan membahas tentang tips memilih burung kacer bahan yang berkualitas dilihat dari katuranggan burung kacer itu sendiri.
Untuk yang sudah lama malang melintang dalam dunia perburungan tentu saja sangat gampang memilih burung kacer yang baik dan berkualitas hanya dengan melihatnya saja,tetapi untuk orang yang baru menggemari burung tentu akan sangat sulit memilih kacer yang baik yang akan membanggakan pemiliknya apabila dipelihara untuk klangenan ataupun untuk tujuan lomba.

          1. KACER DILIHAT DARI KATURANGGAN
kacer jantan
burung kacer jantan by Plat AE




  • Berkelamin jantan,ciri-ciri kacer jantan bulu yang hitam mengkilat tegas dan kontras,mengapa harus memilih jantan karena hanya burung jantan yang memiliki suara kicauan yang merdu dan bermental tarung(figther).
  • Bentuk paruh pilihlah yang berpangkal lebar dan tebal karena biasanya bentuk paruh yang tebal mempunyai volume suara yang keras dan mengkristal.
  • Bentuk kepala pilihlah yang papak besar dengan mata yang melotot biasa memiliki mental yang bagus.
  • Bentuk badan yang ramping proposional panjang,dilihat serasi dari kepala sampai ekor jangan memilih bahan yang berbadan pendek.
  • Kaki mencengkeram kuat dan sayap menggepit rapat.
  • Lincah dan bernafsu makan besar.

            2. MEMILIH BURUNG JADI

  • Memilih burung jadi sangatlah mudah dibandingkan memilih burung bahan karena burung jadi biasa akan selalu berkicau dan mempunyai mental yang udah bagus karena rawatan yang konsisten pemberian makanan yang cukup serta multivitamin yang teratur,sehingga burung ini sudah terbiasa dan beradaptasi dengan lingkungan manusia.
  • Harga burung jadi pun lebih mahal beberapa kali lipat harganya karena menjadikan burung gacor memang butuh waktu yang lama dan kesabaran serta ketlatenan.
  • Jika anda membeli burung jadi tanyakan dulu apakah burung ini akan mabung atau ganti bulu jangan sampai setelah anda beli baru beberapa hari burung mulai jatuh bulu menyebabkan burung ini malas bunyi dan gak gacor lagi sehingga anda yang tadinya membeli burung yang jadi dengan tujuan untuk buat klangenan ataupun lomba bisa kecewa karena burung yang anda beli jadi gak gacor lagi.
             3. MEMILIH KACER MUDA HUTAN ATAUPUN BAHAN


muda hutan
kacer muda hutan by Plat AE


  • Burung bahan ataupun muda hutan kerap kita jumpai dikios-kios burung ataupuan dipasar burung ditempat anda.
  • Burung burung ini berasal dari tangkapan hutan ataupun dari penangkaran.
  • Kekurangan burung muda hutan adalah burung ini biasa akan takut didekati manusia sehingga akan butuh waktu yang lama dalam menjinakanya.
Burung tangkapan hutan biasa memiliki suara yang kas pembawaan dari lingkungan sekitar biasanya untuk para pemain lomba suara khas ini dijadikan masteran untuk burung kesayangannya.



Tips dalam memilih burung muda hutan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan burung anda pilih berkelamin jantan 
  • Sehat tidak cacat fisik dan lincah 
  • Memiliki nafsu makan yang besar biasa bermental baik
  • Rajin ngeriwik biasa akan cepat bunyi setelah dirawat dengan baik 
Demikianlah sekilas pengetahuan yang bisa saya rangkum dalam memilih burung kacer yang baik semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekian dan terima kasih ,nantikan postingan berikutnya cara merawat burung muda hutan atau bakalan agar cepat gacor.

CARA MERAWAT BURUNG KACER AGAR CEPAT GACOR DAN UNTUK TUJUAN LOMBA

          TIPS CARA MERAWAT BURUNG KACER
kacer lokal ngobra
kacer lokal ngobra by Plat AE

MERAWAT BURUNG KACER AGAR CEPAT GACOR

      Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang tips cara merawat burung kacer untuk tujuan lomba ataupun hanya sekedar buat klangenan dirumah.
Merawat burung kacer memang tidak terlalu sulit tapi memang harus disertai kesabaran dan konsistensi yang tinggi agar burung yang kita pelihara dapat menampilkan performa terbaik dalam membawakan kicauan dirumah maupun diarena lomba.


Tips merawat burung kacer untuk klangenan dirumah 

kacer poci muda hutan
KACER POCI BY PLAT AE


Berikut adalah tips merawat burung kacer anda agar cepat gacor: 
  • Jam 05.00 pagi embunkan burung kacer,sebelum mengeluarkan burung semprot halus beri EF(extra fooding) berupa Jk(jangkrik) sebanyak 2 ekor.
  • Gantungkan burung dihalaman biar terkena embun pagi secara langsung 
  • Jam 07.00 beri EF berupa JK sebanyak 3ekor ditambah ulat hongkong cukup 2 ekor dan seminggu sekali kasih kroto cukup satu sendok makan.
  • Jemur burung sampai jam 10,masukan burung dan dikerodong dalam rumah dengarkan masteran burung bisa pake hp atau mp3.
  • Masteran burung kacer bisa pakai suara burung kenari,ciblek,cucak jenggot,cililin,lovebird dll
  • Jam 16.00 angin-anginkan burung didepan teras bisa dimandikan semprot atau keramba tergantung kebiasan,beri Ef berupa Jk cukup 3 ekor 
  • Jam 17.00 masukan burung kedalam rumah jangan lupa burung dikerodong biar beristirahat dengan tenang dan jangan lupa dengarkan masteran burung sampai pagi harinya.


Tips merawat burung kacer untuk tujuan lomba 


Sebelum anda membawa burung anda kearena lomba pastikan anda menyiapkan burung anda dalam kondisi prima dan menyeting tingkat birahi burung anda agar dapat koncer diarena,Berikut adalah tips merawat burung kacer untuk tujuan lomba:
  • H-3 burung full srodong angin-anginkan burung sebentar diteras dan beri JK 4 ekor p/s(pagi dan sore) atau tingkatkan pemberian Jk dari harian biasa masukan kembali dalam rumah jangan lupa full srodong dan jauhkan dari suara burung sejenis atau burung yang gacor supaya burung beristirahat dan mengumpulkan stamina untuk tampil diarena.
  • H-2 perlakuan masih sama persis seperti pada h-3.
  • H-1 tingkatkan jk menjadi 5ekor pagi dan sore dan tambahkan ulat hongkong sebanyak 3 ekor dan pada H-1 mandikan burung pada malam hari untuk mengkontrol birahi burung dan menata mental burung.
  • Hari menjelang lomba beri lagi Jk cukup 3ekor bisa ditambahkan kroto satu sendok makan untuk stamina burung kacer agar tidak cepat lelah waktu diarena lomba.
Pada hari setelah turun lomba anda bisa memandikan burung kacer agar rasa lelah diarena lomba bisa sedikit berkurang dan jangan lupa berikan jangkrik 3 sampai 4 ekor dan juga kroto untuk memulihkan stamina burung anda,

Demikianlah yang bisa saya sampaikan untuk anda mengenai tips-tips merawat burung kacer kesayangana anda semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua,bila ada kata-kata ataupun tulisan yang kurang berkenan dihati anda saya sebagai penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya sekian dan terima kasih.

TIPS KEBERHASILAN DALAM MENANGKARKAN BURUNG KACER

                                   PENANGKARAN BURUNG KACER
KACER POCI MUDA HUTAN
KACER POCI MUDA HUTAN BY PLAT AE




    Pemilihan indukan burung kacer 


            Memilih indukan burung kacer memang memerlukan pengamatan yang cermat,karena ada beberapa ekor burung kacer yang memang sulit dijodohkan.Untuk kacer betina sebaiknya dipilih yang berumur 6 bulan lebih dan yang jantan minimal berumur 1 tahun lebih.Untuk yang betina pilih yang agak jinak agar tidak mengganggu proses pengeraman saat bertelur.Sedangkan yang jantan bisa muda hutan ataupun burung yang mempunyai prestasi agar menghasilkan anak-anak yang berkualitas.

             Hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan burung itu sendiri agar proses penjodohan berjalan lancar dan burung cepat birahi.Kualitas indukan burung kacer mempunyai peranan yang penting untuk menghasilkan anak-anak yang berkualitas bagus,yang cirinya bisa disimpulkan sebagai berikut:

  • Tidak cacat fisik 
  • Bentuk badan yang besar dan panjang jika dilihat terlihat atletis
  • Gerakan lincah ,energik , dan mata yang melotot tajam 
  • Telah memasuki masa birahi (kira berumur 1 tahun lebih)
  • Rajin berkicau
                                                   

                          Proses penjodohan burung kacer


            Proses penjodohan burung kacer bisa dilakukan dengan pengenalan dengan cara saling mendekatkan sangkar masing-masing agar terlihat dan saling terbiasa satu sama lain,kurang lebih satu sampai dua minggu,namun hal ini bukan menjadi patokan yang baku bisa juga penjodohan membutuhkan waktu yang relatif lama sampai berbulan bulan.
Setelah indukan sama-sama tertarik bisa dilepas dikandang besar biasanya sang betina dulu yang dilepas dikandang besar dan yang jantan masih dalam sangkar harian dalam kandang besar.

            Sering kali penangkar mengalami kesulitan dalam proses penjodohan karena biasa indukan betina sering mati karena diserang sang jantan,untuk mengantisipasi hal ini penangkar harus sering mengontrol setiap hari selama proses penjodohan.Karena birahi dari salah satu yang tinggi,atau sifat fighternya,penangkar harus bisa lebih teliti dalam mengamati setiap harinya,dengan mengontrol pemberian EF(extra fooding).

         Intinya adalah menyamakan tingkat birahi kedua indukan agar memiliki tingkat birahi yang pas agar cepat melakukan proses perkawinan,berikut adalah tips pemberian EF agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan;

  • berilah ef dihari pertama misalnya jantan 10 ekor betina juga 10 ekor
  • dihari kedua kurangi pemberian ef menjadi 5 ekor betina dan 5 ekor untuk jantan
  • dihari ketiga hilangkan jatah ef untuk sang betina hal ini dimaksudkan untuk memancing sang betina,tujuannya saat sang jantan birahi akan memainkan jangkrik dimulutnya,dan disaat bersamaan sang betina tidak mendapat jatah jangkrik maka akan kelaparan dan akan meminta jatah jangkrik dari sang jantan.
Hal ini dilakukan selama yang dibutuhkan tergantung burung itu sendiri,untuk mencoba sudah jodoh atau belum anda bisa memasukan burung bersamaan jika masih berantem berarti burung belum berjodoh,dan lakukan proses penjodohan lagi.



JENIS-JENIS BURUNG CUCAK HIJAU DI INDONESIA

                             BURUNG CUCAK HIJAU  

CUCAK HIJAU JATIM
CUCAK HIJAU JATIM BY PLAT AE






JENIS BURUNG CUCAK HIJAU DI INDONESIA


        Sebelum kita membahas cara merawat burung cucak hijau,kita akan membahas sekilas tentang burung cucak hijau.Burung cucak hijau adalah sejenis burung pemakan buah dan serangga,ulat,dan kroto seperti pepaya,pisang,apel,pir dan lain-lain,dan serangga yang dimakan berupa jangkrik,ulat bambu ulat hongkong dan juga ulat kandang.Burung cucak hijau sangat mudah dikenali karena memiliki warna yang mencolok hijau pada seluruh tubuh kecuali hitam pada muka seperti memiliki topeng.Penyebaran burung cucak hijau sendiri diindonesia meliputi kalimantan,sumatra,jawa dan bali.

         Burung cucak hijau mempunyai habibat asli dihutan hidup secara berkelompok dan sering berpindah dari satu tempat ketempat lainya.Burung cucak hijau mempunyai kicauan yang sangat merdu dan pintar menirukan suara burung lain disekitarnya,burung ini mudah sekali jinak dan mampu beradaptasi dengan cepat dilingkungan baru,selain memiliki kicauan merdu dan mampu beradaptasi dengan cepat burung cucak hijau memiliki gaya yang khas bila ditarungkan dengan burung cucak hijau jantan maupun dengan betina yang tujuanya untuk memikat sang betina dengan gaya ngentrok dan jambul.

           Suara cucak hijau ini sangat cocok dijadikan pemaster untuk burung lain karena memiliki kicauan yang merdu,selain itu kicauan cucak hijau memiliki karakter suara yang enak didengar dan sangat unik.Pada kalangan kicau mania selain buat burung klangenan dirumah cucak hijau juga sering dilombakan,karena cucak hijau yang sudah mempunyai prestasi akan meningkatkan nilai jual yang tinggi.Untuk membuat burung cucak hijau meraih prestasi memang tidak mudah diperlukan perawatan yang konsisten dan asupan pakan yang bergizi agar cucak hijau bisa gacor dan juara.

Berikut jenis-jenis cucak hijau diIndonesia:


        1. Cucak hijau JAWA TIMUR,seperti Banyuwanngi,Jember,Malang dan sekitarnya.
CUCAK HIJAU JATIM
CUCAK HIJAU JATIM BY PLAT AE


Cucak hijau Jawa Timur biasanya memiliki postur yang besar panjang ngudang atau membungkuk kayak udang, dan memiliki volume yang keras,serta memiliki warna yang hijau gelap tegas bila kena sinar matahari sekilas akan terlihat kebiru-biruan.Sekarang mencari cucak hijau lokal Jawa Timur sangat sulit dikarenakan sudah banyak penangkapan oleh pemikat atau pemburu.Kalaupun ada sudah dipatok dengan harga yang tinggi.

      2. Cucak hijau Kalimatan

CUCAK HIJAU MUDA HUTAN
CUCAK HIJAU KALIMANTAN by Plat  ae

Burung cucak hijau kalimantan sangat mudah dikenali karena memiliki warana hijau muda kekuning-kuningan bila terkena cahaya matahari.Harga cucak hijau kalimatan relatif murah dibanding dengan cucak hijau lokal jawa.Postur tubuh pada cucak hijau ini dibilang kecil dan cenderung bulat dan datar,cucak hijau kalimantan masih banyak dijumpai ditoko dan pasar burung dikota anda karena memang penyebaran burung ini sangat luas dikawasan hutan diKalimantan.

        3. Cucak hijau Sumatra

cucak hijau sumatera jantan
cucak hijau sumatera by Plat AE


Cucak hijau Sumatra lebih mudah dikenali karena memiliki mahkota kuning atau warna kuning diatas kepalanya dan warna biru disekitar pipi serta topeng hitam  dan warna hijau muda pada tubuhnya,ukuran tubuh burung Cucak hijau Sumtra relatif lebih kecil dibanding cucak hijau Jawa Timur dan Kalimatan,sehingga burung ini dibandrol lebih murah dipasaran dibanding Cucak hijau Jawa timur dan Kalimantan.

           4. Cucak Hijau mini

cucak hijau mini gacor
cucak hijau mini by Plat AE

Cucak ijo mini memiliki ciri kurang lebih sama seperti cucak ijo kalimatan namun yang membedakanya adalah posturnya yang lebih kecil sesuai dengan namanya.Dari segi suara cucak ijo mini juga sangat merdu dan indah serta dilihat dari harga Cucak hijau mini lebih murah dibanding cucak hijau yang disebutkan diatas.

             5. Cucak Rante (ranti)


Cucak Ranti memiliki kombinasi warna yaitu hitam kuning dan hijau ,ciri-ciri cucak ranti memiliki warna hijau kekuningan atau hijau muda pada tubuhnya dan memiliki topeng hitam dibagian dada ada warna kuning yang memudar,memiliki ukuran yang juga kecil dan suara yang monoton sehingga cucak ranti tidak setenar cucak hijau besar.


      Demikianlah ulasan sekitar jenis-jenis cucak hijau yang tersebar diberbagai daerah diIndonesia mudah mudahan dapat memberi ilmu yang bermanfaat untuk lebih mengenal burung yang memiliki suara emas ini.

CARA MERAWAT BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT GACOR DAN NGENTROK

         CUCAK HIJAU RAJA NGENTROK

cucak hijau lokal jatim

cucak hijau lokal Jatim by Plat AE


MERAWAT CUCAK HIJAU AGAR CEPAT NGENTROK




         Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang tips merawat burung cucak hijau kesayangan anda agar cepat gacor dan ngentrok,sebelum membahas perawatan pastikan burung cucak hijau anda adalah jantan karena hanya jantan yang bisa membawakan kicauan yang merdu dan bervariasi tidak seperti cucak hijau betina walaupun bisa menirukan suara burung lain tetapi biasanya dibawakan dengan suara monoton atau ngeban-ngeban.
          

Berikut adalah tips merawat burung cucak hijau kesayangan anda:

cucak hijau banyuwangi gacor
cucak hijau banyuwangi by Plat AE

  • Keluarkan burung pada jam 05.00 agar burung terkena embun pagi dan udara yang masih segar jangan lupa kasih 1 ekor jangkrik sebelum digantang di halaman rumah. 
  • Jika matahari udah mulai terbit dan sedikit hangat kasih lagi 2 ekor jangkrik setelah itu anda bisa memandikan burung kesayangan anda dengan cara dikeramba atau disemprot tergantung kebiasan burung setiap harinya dan jangan lupa membersihkan kandang harian setiap hari biar burung anda bebas penyakit.
  • Setelah burung selesai mandi gantang lagi burung anda kurang lebih sampai jam 10.00 karena pada sinar matahari pagi masih bagus buat kesehatan burung.
  • Selesai dijemur kasih buah-buahan kesukaan cucak hijau berupa pisang kepok,apel,pepaya atau buah pir bisa anda ganti menu makanan setiap hari biar burung kesayangan anda rajin berkicau dan tidak bosan.
  • Setelah itu burung dikerodong dalam rumah dan diperdengarkan suara masteran yang sesuai karakter burung cucak hijau seperti suara ciblek,prenjak,kenari,sirtu,love bird,cucak jenggot,cililin,jangkrik,belalang dll sesuai kesukaan anda.
  • Jam 16.00 buka kerodong dan angin-anginkan burung diteras setelah itu anda bisa memberikan 2 atau 3 ekor jangkrik , setelah dianginkan-anginkan masukan dan kerodong lagi jangan lupa diperdengarkan suara maasteran sampai besok paginya.
Lakukan perawatan diatas secara konsisten mudah-mudahan burung anda cepat gacor,perawatan diatas adalah perawatan burung cucak hijau yang hanya dibuat sekedar hobi atau klangenan dirumah beda dengan perawatan burung untuk tujuan dilombakan.

Sekarang akan saya kasih tips rawatan burung untuk tujuan lomba biar burung anda koncer dilapangan:

cucak hijau tarung ngentrok
cucak hijau tarung by Plat AE



  • h-3 sebelum burung dilombakan burung cucak hijau full kerodong jangan sampai melihat burung sejenis dan naikkan EF berupa jangkrik sebanyak 5 ekor pagi dan sore jangan lupa menu buah tetap disediakan berupa pepaya yang sudah diolesi madu.
  • h-2 pangkas porsi jangkrik menjadi 4 ekor(pagi dan sore) dan ganti buah segar pisang kepok putih  yang juga sudah anda olesi madu.
  • h-1 pangkas lagi porsi jangkrik menjadi 3 ekor kasih buah apel merah untuk menaikan birahi cucak hijau.
  • malam sebelum besok dilombakan anda bisa memberikan terapi mandi malam dipercaya sebagian kicau mania disamping menstabilkan birahi juga menambah mental burung,satu jam sebelum gantang anda bisa kasih jangkrik 2 ekor buat tambahan tenaga waktu dilombakan dan ulat bambu 1 ekor.
Demikian menurut pengalaman saya yang bisa saya rangkum menjadi sebuah tulisan semoga tulisan saya dapat bermanfaat buat para pembaca kicau mania.

CARA MENANGKARKAN BURUNG CUCAK HIJAU AGAR BERHASIL


      CARA MENANGKARKAN BURUNG CUCAK HIJAU  

BURUNG CUCAK HIJAU LOKAL JATIM

BURUNG CUCAK HIJAU JATIM BY PLAT AE







MENANGKARKAN BURUNG CUCAK HIJAU

    Burung yang satu ini sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia burung ini mempunyai ciri khas warna yang sangat menyolok yaitu seluruh tubuh hampir berwarna hijau dengan warna hitam menutupi wajahnya seperti memakai topeng serta memiliki suara kicauan yang merdu yang pandai menirukan berbagai jenis suara burung yang ada disekitarnya.

    Seperti yang kita ketahui burung cucak hijau saat ini memiliki habitat lingkungan yang semakin sempit dikarenakan ulah-ulah penangkapan liar para pemburu burung untuk mendapatkan rupiah.Jumlah perburuan burung-burung diIndonesia  semakin meningkat mengingat sekarang banyaknya penggemar kicau mania yang menyukai dan hobi burung untuk tujuan lomba maupun untik ocehan dirumah.

    Untuk memenuhi kebutuhan pasokan burung-burung yang dijual dipasaran semakin menipis maka sebagian dari kicau mania memilih untuk menangkarkannya supaya tetap terjaga kelangsungan hidup burung-burung diIndonesia termasuk jenis burung cucak hijau yang semakin lama semakin terancam punah.Sekarang kita akan membahas bagimana cara menangkarkan burung cucak hijau supaya tetap terjaga kelestariannya dan juga bisa anda gunakan sebagai mesin atm berjalan jika penangkaran burung cucak hijau anda berhasil.

     Langkah awal menangkarkan burung cucak hijau yang terbilang populer dikalangan kicau mania adalah dengan melakukan proses pengenalan antara burung jantan dan betina.Dengan cara mendekatkan burung jantan dan betina setiap harinya agar burung jantan dan betina dapat melakukan pengenalan satu sama lain.

Pastikan burung yang anda jodohkan memiliki kriteria sebagai berikut:


cucak hijau lokal jatim
cucak hijau lokal Jatim by Plat AE


  • Pastikan burung yang anda jodohkan sudah memasuki masa birahi atau sudah dewasa,minimal burung jantan berusia 1 tahun lebih dan betina berusia kurang lebih 8 bulan lebih dewasa lebih baik.
  • Burung anda jinak dan gacor agar mudah melakukan proses penjodohan.
  • Sehat dan tidak memasuki masa mabung.
 
     Lama penjodohan tergantung kondisi burung itu sendiri apabila sudah mulai berjodoh dekatkan sangkar harian selama kurang lebih satu minggu,bila betina sudah mulai birahi biasanya ditandai burung betina akan ngeper atau menggetarkan sayapnya pada saat burung jantan mengeluarkan kicauanya dengan gaya jambul dan ngentrok untuk memikat burung betina.Tahap awal pengenalan berhasil selanjutnya anda bisa mencoba memandikan burung dengan cara dikeramba dalam satu sangkar.Biasanya burung yang sudah mulai berjodoh akan mandi bersama tanpa bertengkar atau saling mematuk.

      Jika proses mandi keramba berhasil maka anda tinggal memasukan burung cucak hijau dalam sangkar besar atau sangkar ternak.Sangkar ternak buat burung cucak hijau bisa berukuran P 3m x L 1m x T 2m.Dalam sangkar bisa anda masukan tanaman atau bunga agar suasana seperti dialam bebas,jangan lupa kasih tempat untuk bertelur atau sarang.

       Untuk rawatan harian ternak anda bisa kasih makanan buah-buahan kesukaan cucak hijau seperti pepaya,pisang,apel,pier dll.Anda bisa mengganti buah-buahan setiap hari dengan menu yang berbeda agar burung cucak hijau tidak bosan,jangan lupa kasih jangkrik minimal 10 ekor pagi dan sore agar asupan gizi burung cucak hijau terjaga.Anda bisa memberi multivitamin satu minggu sekali pada tempat minum untuk menjaga kesehatan burung agar tetap fit.

       Demikian yang bisa saya tulis tentang pengalaman menangkarkan burung cucak hijau bila ada kata-kata yang kurang baik dalam penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, intinya disini berbagi pengalaman semoga bermanfaat bagi para pembaca.Sekian,saya ucapkan banyak terima kasih.







MENGENAL JENIS-JENIS ANIS MERAH DI INDONESIA

                   BURUNG ANIS MERAH RAJA TELER

Anis merah belajar teler dalam sangkar
Anis Merah belajar teler by Plat AE


SEKILAS TENTANG ANIS MERAH


     Penyebaran BURUNG ANIS MERAH di Indonesia cukup luas terutama dipulau Jawa,Sumatra,Bali,Kalimatan,dan Nusa Tenggara,bahkan burung Anis merah juga menyebar diwilayah mancanegara seperti India dan China.Dihabitat aslinya burung Anis Merah tinggal diwilayah hutan dataran tinggi yang dekat dengan sumber air atau pinggiran sungai karena burung yang satu ini suka hawa yang dingin dan suara gemercik air.

     Burung Anis merah sudah terkenal dikalangan kicau mania karena suaranya yang merdu dan bervariasi yang dapat menirukan segala jenis burung yang ada disekitarnya serta gayanya yang khas yaitu teler,sehingga banyak sekali penggemar kicau mania yang ingin memilikinya walaupan harus merogoh kocek yang terbilang tidak sedikit.Dikalangan kicau mania burung Anis merah sangat populer sama populernya dengan burung Anis kembang.

Berikut adalah jenis-jenis burung ANIS atau PUNGLOR:


1. Anis Merah (punglor bata/merah)

Anis Merah Bali dalam sangkar ukir
Anis merah Bali by Plat AE



     Burung yang satu ini sangat populer diIndonesia tidak hanya diajang-ajang perlombaan juga buat sekedar hobi memelihara burung Anis merah.Burung ini sangat banyak diminati diIndonesia karena memiliki suara yang merdu dan sangat enak didengarkan yang memiliki banyak variasi lagu ,serta memiliki gaya yang khas yang tidak dimiliki burung lainnya.Burung Anis merah mempunyai ciri-ciri warna merah pada kepala sampai tubuh bagian bawah,pada punggung bagian atas memiliki warna abu-abu dan sedikit warna putih dibagian sayap.Penyebaran burung ini sangat luas didaerah hutan-hutan di Indonesia terutama di JAWA,SUMATRA,BALI,KALIMANTAN,dan NUSA TENGGARA.
Penyebaran burung ini juga sampai mancanegara meliputi Hindia,China,Srilangka,dan Myanmar.

2. Anis Kembang(punglor kembang)

Punglor Kembang dalam sangkar
Punglor kembang by Plat AE

     Burung yang satu ini juga tidak kalah populer di Indonesia banyak peminat kicau mania yang memilihara burung ini disamping suaranya yang merdu juga memiliki kelebihan mampu membawakan lagu dengan suara yang ngerol panjang dan bervariasi.Burung Anis kembang memiliki warna yang unik dan indah,yaitu warna dikepala yang berwarna merah pekat atau merah kecoklatan,warna hitam mulai bawah paruh sampai dadanya,sayapnya memiliki warna hitam dan ada sedikit campuran warna putih,dan mulai dada terlihat campuran bintik-bintik hitam sampai perut berwarna putih hingga ekor.

3. Anis Siberia


     Anis Siberia berasal dari tempat yang suhunya lebih dingin penyebaranya dimancanegara meliputi RUSIA,MONGOLIA,dan CHINA.Di Indonesia sendiri burung ini paling banyak ditemukan di JAWA dan SUMATERA.Anis Siberia belum banyak diminati di Indonesia tidak sepopuler anis kembang dan anis merah.Bentuk tubuhnya yang lebih besar dan berwarna ungu serta ada garis tebal berwarna putih pada bagian kepalanya.

4. Anis Sisik


    Penyebaran Anis sisik di Indonesia hanya ditemukan diwilayah Sumatera Utara,penyebaran burung ini yang lebih luas adalah diwilayah TAIWAN,CHINA,FILIPHINA,dan MONGOLIA.Ciri fisik burung ini adalah sebagian besar tubuhnya bersisik coklat maka burung ini dinamakan Anis sisik.Burung yang satu ini tergolong burung yang susah berkicau perlu perawatan extra untuk bisa membuat burung ini mengeluarkan kicauannya.

5. Anis Macan


    Anis macan ini penyebaran cukup luas didaerah Indonesia meliputi SUMBAWA,LOMBOK,SUMBA,dan FLORES.Anis macan memiliki warna yang beragam meliputi merah ,hitam ,orange,coklat dan putih.burung ini juga memiliki suara yang tidak kalah dengan burung kicauan yang lain sangat merdu dan enak didengarkan sehingga burung ini sangat cocok buat masteran burung Anis merah dan Anis kembang serta burung ini jg sangat cocok dibuat burung klangenan dirumah.

6.Anis Kuning


    Anis Kuning penyebaranya hanya di daerah SULAWESI di INDONESIA yang paling banyak penyebaranya adalah di ASIA terutama di TAIWAN,FILIPHINA,dan INDIA.Ciri fisik anis kuning adalah atas kepala berwarna putih hitam sampai kebawah ekor ada warna putih dibagian sayap,bawah paruh berwarna kuning cerah,dada,sampai ekor.Di habitat aslinya makanan burung ini adalah serangga,ulat dan sangat menyukai cacing.

Demikianlah yang dapat saya rangkum semoga tulisan saya bisa menambah wawasan anda tentang burung sejenis ANIS atau PUNGLOR.

CARA MEMBEDAKAN ANIS MERAH JANTAN DAN BETINA

   MEMBEDAKAN ANIS MERAH JANTAN DAN BETINA

Anis merah jantan dalam sangkar ukir fiber
Anis Merah Jantan by Plat AE

      CARA MEMBEDAKAN ANIS MERAH JANTAN DAN BETINA DEWASA

      Cara membedakan Anis merah antara jantan dan betina memang cukup sulit karena burung yang satu ini adalah termasuk jenis burung monoforik,bagi sebagian orang yang sudah lama malang melintang dalam dunia kicau mania tidaklah sulit hanya dengan melihat saja mereka dapat membedakan mana yang jantan dan betina,tetapi bagi seorang pemula pasti akan sangat kesulitan dalam membedakannya.

        Disini saya akan membahas ciri fisik Anis merah jantan dan betina agar dapat membantu anda ketika anda mau membeli burung bakalan ataupun burung macet bunyi yang tidak tau historynya burung yang anda mau beli dulunya bunyi teler atau tidak.Jangan sampai anda salah memilih burung sudah lama dirawat eh.....! gak bunyi-bunyi ternyata burung yang anda beli adalah betina.

Burung betina juga bisa mengeluarkan bunyi ngeplong tetapi biasanya pembawaan lagu yang monoton atau diulang-ulang beda dengan burung anis merah jantan yang mempunyai suara yang lantang,memiliki variasi suara yang banyak,serta mampu memikat dengan gaya yang khas yaitu gaya teler.Gaya teler Anis merah pun beragam biasanya tergantung dari daerah asal burung anis merah tersebut ada yang bergaya teler classik ada yang bergaya full doyong dan lain sebagainya.

         Berikut adalah ciri-ciri fisik ANIS MERAH JANTAN dan BETINA dewasa :

ANIS MERAH JANTAN
  • Kepala anis merah jantan terlihat besar cepak dan tidak terlihat bulat lonjong
  • Mata besar dan melotot
  • Bawah paruh terlihat warna yang orange  memudar 
  • Supit rapat dan runcing apabila diraba 
  • Warna bulu terlihat kontras dan tegas
  • Bentuk badan terlihat panjang,berdiri tegap dan serasi tidak terlihat pendek 
  • Bila sudah berkicau mengeluarkan lagu yang bervariasi tidak putus-putus disertai dengan gaya teler yang khas.
ANIS MERAH BETINA 
  • Kepala anis merah betina terlihat bulat dan kecil
  • Mata yang terlihat dalam dan tidak melotot
  • Supit terlihat renggang dan tumpul apabila diraba
  • Warna bulu terlihat tidak kontras dan tidak tegas
  • Bentuk badan terlihat pendek dan cara berdiri tidak tegap 
  • Anis merah betina juga berkicau tapi monoton tidak mempunyai banyak variasi suara.
 Berikut adalah ciri-ciri Anis merah trotolan atau anakan :
  • Bentuk kepala yang terlihat kotak dan gepeng
  • Bentuk paruh yang terlihat tebal dan panjang yang serasi dengan lubang hidung yang besar
  • Bentuk mata terlihat melotot besar seperti mau keluar dan sorotan mata yang tajam
  • Berprilaku atraktif dan bernafsu makan besar
  • Berbunyi crit yang keras dan cerewet
  • Bentuk badan yang ramping dan panjang
  • Bila berdiri tegap dan terlihat gagah
  • Bulu warna yang cerah dan mengkilap 
  • Pada bagian sayap berwarna hitam kebiru-biruan.
Untuk mendapatkan trotolan Anis merah jantan yang bermental bagus yang berkualitas supaya trotolan cepat bunyi bisa anda baca artikel dibawah ini :

  • Trotolan anis merah jantan sering menyembunyikan salah satu kakinya apabila santai sedangkan yang betina akan mendekam seperti sedang mengerami telur pada saat santai
  • Kuku kaki Anis merah Jantan terlihat agak pendek sedangkan yang betina panjang
  • Bulu bagian dada anis merah jantan terlihat membelah sedangkan betina mengembungkan bulu dadanya
  • Ujung paruh yang jantan terlihat lebih lancip sedangkan betina ujung paruhnya terlihat tumpul
  • Rajin ngeriwik-ngeriwik kecil anis merah jantan akan cepat sekali ngeplong sedangkan betina hanya berbunyi sirrrr,,,,ketika ngeleper.
Demikianlah ciri-ciri fisik yang bisa saya simpulkan semoga dapat membantu anda dalam memilih burung bakalan dan menambah wawasan untuk seluruh kicau mania walapun tidak bisa dijadikan patokan 100% akan tetapi sedikit banyak bisa membantu anda dalam pemilihan trotolan anis merah yang berkelamin jantan.Salam kicau mania Plat AE.

CARA MERAWAT ANIS MERAH AGAR CEPAT GACOR

     CARA MERAWAT ANIS MERAH AGAR CEPAT GACOR DAN TELER

Anis Merah Bali dalam sangkar ukir
Anis Merah Bali gacor by Plat AE



     Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang tips merawat anis merah agar cepat gacor dan teler.Burung anis merah memang sangat digemari dikalangan kicau mania di Indonesia,burung yang terkenal dengan suaranya yang merdu dan mendayu-dayu sehingga tidak sedikit para kicau mania yang memelihara burung anis merah sebagai hobi atau untuk tujuan dilombakan.

      Untuk bisa memiliki burung yang satu ini para kicau mania harus merogoh kocek yang cukup menguras kantong,karena burung anis merah bakalan sudah sangat mahal yang dijual dipasaran apalagi kalau membeli burung trotolan dipeternakan yang sudah memiliki trah/darah juara pasti harganya sangat mahal.

Berikut saya akan memberikan sedikit tips merawat anis merah agar cepat gacor :

Anis Merah belajar teler
ANIS MERAH belajar teler by Plat AE

  • Jam 05.00 kelurkan anis merah dihalaman rumah agar terkena embun pagi,karena udara dipagi hari sangat bagus untuk kesehatan burung.
  • Sebelum mengeluarkan anis merah jangan lupa semprot halus pakai spray sedikit agak basah,kasih EF berupa jangkrik satu ekor dan dua ekor cacing.
  • Jam 07.30 turunkan anis merah untuk dimandikan dalam keramba,biarkan anis merah mandi sepuasnya.
  • Selesai dimandikan kasih dua ekor jangkrik dan kasih buah-buahan berupa pepaya,pisang,apel,pier,salak,sawo,anda bisa mengganti menu buah-buahan setiap harinya.
  • Jemur anis merah sampai jam 09.00 setelah itu kerodong dan masukan dalam rumah atau ditaruh ditempat yang sepi,anda bisa memasterinya dengan suara burung lewat mp3.
  • Jam 16.00 angin-anginkan anis merah didepan teras selama 15 menit setelah itu mandikan burung dikeramba sepuasnya.
  • Setelah selesai dimandikan kasih EF berupa 3 ekor jangkrik dan angin-anginkan sampai bulu anis merah mengering.
  • Jam 17.30 kerodong dan masukan burung dalam rumah jangan lupa diperdengarkan suara masteran sampai esok hari.
Lakukan perawatan diatas dengan penuh kesabaran dan yang paling penting adalah perawatan yang rutin.Jangan harap hanya dengan merawat burung secara asal-asalan anda bisa memperoleh hasil yang maksimal.Keberhasilan diraih dengan usaha dan kerja keras yang dilakukan dengan penuh kesabaran dan rasa iklas dalam menjalankan sesuatu termasuk menjalankan suatu hobi.

Diatas hanya sepenggal tips perawatan yang bisa anda terapkan pada burung kesayangan anda karena setiap burung mempunyai karakter yang berbeda-beda maka anda harus bisa mengetahui apa kemauan si burung itu sendiri,dengan mengetahui karakter burung anda maka anda bisa menyimpulkan perawatan yang pas buat burung anda.
Burung juga sama dengan manusia apabila merasa diperlakukan dengan kasar ataupun dengan seenaknya maka burung akan ngambek alias tidak mau bunyi.Bila anda memperlakukan dengan kasih sayang maka si burungpun juga akan membalas hal yang sama mulai dari tingkah laku(cepat jinak)ataupun dengan membalas memakai suara kicauannya yang merdu untuk menyenangkan si empunya.

Hampir semua burung mempunyai karakter yang sama bisa melihat perlakuan yang merawat apakah diperlakuakan dengan baik atau tidak.Sama seperti halnya merawat burung anis merah dengan perlakuan yang baik dan perawatan yang konsisten maka burung ini pasti cepat bunyi dan gacor,karena burung yang satu ini mempunyai karakter yang sensitif terhadap sesuatu entah itu pola perawatan,perlakuan yang kasar dll.

Semoga yang saya sampaikan tadi bisa menjadi tolak ukur dan pemahaman untuk merawat burung anis merah yang terkenal susah sekali dalam perawatannya.Tidak sedikit para penggemar kicau mania yang enggan memelihara burung yang satu ini karena takut jika salah perawatan akan macet bunyi dikarenakan burung yang sangat sensitif sekali terhadap perubahan misalnya perubahan terhadap lingkungan,pemilik/perawat,ornamen sangkar,pola perawatan,makanan dan masih banyak sekali yang bisa menyebabkan burung yang  satu ini macet sekali bunyi.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan seputar perawatan anis merah.


MERAWAT ANIS MERAH MACET AGAR CEPAT BUNYI

               Cara merawat anis merah macet bunyi

Burung Anis Merah Teler
ANIS MERAH teler classic by PlatAE



   Dalam postingan kali ini saya akan membahas cara merawat anis merah agar cepat bunyi,sering kali kita mendengar para kicau mania penggemar anis merah dibikin pusing karena burung kesayanganya yang awalnya gacor tiba-tiba macet tanpa sebab.Anis merah memang tipe burung yang sensitif terhadap perubahan dan cepat bosan pada satu tempat,biasa untuk mengatasinya para kicau mania mengajak jalan-jalan burung kesayangannya entah ke pasar burung atau ke tempat teman yang mempunyai anis merah untuk sekedar mengecas agar burung anis merah mempunyai birahi yang stabil.

     Memelihara anis merah memang butuh perawatan ekstra,butuh kesabaran dan ketlatenan serta konsistensi yang tinggi.Harus diperhatikan mulai dari menu makanan,pola mandi dan jemur,yang harus paling diingat adalah burung ini sangat menyukai hawa dingin pola mandi harus rutin setiap hari disamping membuat bulu-bulu yang halus dan cantik, mandi setiap hari sangat bermanfaat untuk menghidari burung terkena kutu dan penyakit.Pola rawatan yang konsisten serta berkesinambungan dapat membuat anis merah cepat gacor dan teler.

     Burung anis merah adalah burung yang penuh dengan sejuta misteri,burung yang gampang sekali stres dan sangat sensisitif.Banyak sekali hal-hal yang bisa membuat burung ini macet bunyi,saya akan merangkum beberapa hal yang bisa menyebabkan anis merah macet bunyi diam seribu bahasa seperti rangkuman dibawah ini.

Berikut adalah rangkuman beberapa penyebab anis merah macet bunyi :

Anis Merah Macet bunyi
Burung Anis Merah macet bunyi by Plat AE


  • sangkar terjatuh.
  • ada gangguan binatang lain seperti tikus atau kucing.
  • pergantian ornamen pada sangkar misalnya tempat minum,pergantian tangkringan dll.
  • pergantian sangkar yang semula ditaruh disangkar bulat dipindah disangkar kotak.
  • pergantian voer.
  • pergantian pola rawatan.
  • perlakuan yang kasar.
  • terlalu lama berada pada satu tempat,karena burung ini cepat bosan.
  • sehabis ngurak atau mabung,biasa burung yang mabung dengan rawatan yang tidak pas bisa menjadikan burung AM macet bunyi.
Dan masih banyak lagi yang bisa membuat merah kesayangan anda macet bunyi,intinya adalah jika anda bisa tau penyebab anis merah anda macet bunyi sedikit banyak bisa membantu perawatan pasca macet.Karena biasanya anis merah yang macet kalau tidak cepat ditangani bisa gak mau bunyi selama berbulan-bulan bahkan juga bisa sampai bertahun-tahun.

Berikut akan saya terangkan salah satu cara merawat anis merah macet agar cepat berbunyi kembali :
Anis Merah dalam sangkar ukir
Anis Merah Pacitan by Plat AE

  • pastikan macet karena faktor apa?
  • jam 05.00 keluarkan burung untuk diembunkan,sebelum digantang semprot halus sampai agak basah  dan kasih 2 ekor jangkrik dan 2 ekor cacing tanah.
  • jam 07.30 mandikan burung dalam keramba biar mandi sepuasnya setelah mandi kasih buah kesukaan anis merah bisa berupa pisang ,apel ,pear ,salak ,dll anda bisa mengganti menu buah setiap hari.
  • jangan lupa bersihkan sangkar harian agar kesehatan burung tetap terjaga,ganti air minum,dan tambahkan voer setiap harinya.
  • setelah mandi anda bisa menjemur anis merah cukup sampai jam 09.00.
  • setelah jemur kerodong anis merah taruh pada tempat yang sepi semisal dibelakang rumah atau didalam kamar mandi dan jangan lupa perdengarkan suara mp3 gemercik air atau suara air mengalir  bagus buat  terapi anis merah yang macet bunyi.
  • anda bisa membuka kerodong pada malam hari untuk diterapi mandi malam,pada musim penghujan saya biasa memandikan AM yang macet dengan terapi air hujan.
  • habis terapi mandi malam kasih 2 ekor jangkrik dan sedikit kroto untuk mecukupi kebutuhan nutrisi AM,setelah bulu-bulu AM kering anda bisa kerodong kembali agar burung bisa beristirahat sampai esok harinya.

Lakukan perawatan diatas dengan rutin semoga dalam waktu kurang dari 2 minggu anda bisa melihat perubahan pada AM kesayangan anda.Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam merawat AM yang macet dan menambah wawasan serta menambah ilmu seputar perawatan burung kesayangan anda.Setiap karakter burung berbeda-beda dan yang saya tulis ini adalah pengalaman pribadi saya dalam merawat merah yang macet bunyi.

Saya akan mengakhiri postingan ini dengan mengucapkan banyak terima kasih.SALAM KICAU MANIA PLAT AE.




FAKTOR KEBERHASILAN BUDIDAYA BURUNG KENARI

                                                      BUDIDAYA BURUNG KENARI

budidaya burung kenari
 burung kenari af warna extra jos yang menawan

   Sifat dasar makluk hidup adalah tumbuh dan berkembang biak untuk meneruskan garis keturunannya.Selain proses reproduksi makluk hidup juga berlaku hukum alam siapa yang kuat dia yang menang dan bisa terus bertahan hidup.

    Burung kenari merupakan salah satu makluk hidup yang mempunyai sifat dasar tersebut namun keberadaan burung kenari di alam bebas telah tidak ada lagi seiring berjalannya waktu.Akan tetapi burung kenari bisa bertahan hidup sampai sekarang adalah karena campur tangan manusia yang ingin meneruskan kelangsungan hidup burung kenari dengan penangkaran atau budidaya.

     Para penangkar mengembangbiakan burung kenari dengan cara menyilang 2 indukan yang berbeda  agar dihasilkan anakan yang diinginkan oleh sang penangkar burung kenari.Adapun jenis-jenis burung yang ditangkarkan antara lain burung kenari York Shire, Lizard, Lancha Shire, Norwich, Gloster, Red Intensive, Frill, Cinnamon dan masih banyak jenis-jenis kenari yang lainnya.
  

     Membudidayakan burung kenari harus tahu apa saja yang dapat menunjang keberhasilan dalam membudidayakan burung kenari antara lain sebagai berikut:

  • pemeliharaan yang baik.
  • pemberian pakan yang baik dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan burung kenari agar dapat memperlancar proses reproduksi.
  • rutinitas harian.
  • pembersihan sangkar setiap harinya.
  • pengobatan terhadap kenari yang sakit.
  • pemilihan kenari dewasa yang akan dijadikan indukan.
  • menempatkan burung kenari dilingkungan yang aman dan nyaman.


     Dalam suatu usaha kegagalan merupakan hal wajar tinggal bagaimana kita dapat bertahan dan mengambil semua pembelajaran dari kegagalan tersebut.Untuk para penangkar yang sudah senior kegagalan mungkin hal yang jarang terjadi akan tetapi untuk penangkar yang masih sangat baru atau pemula dalam membudidayakan burung kenari kegagalan kerap terjadi disebabkan kurangnya pengetahuan dan faktor lingkungan ,serta sarana prasarana yang tidak mendukung.

       Jadi dapat disilmpulkan bahwa keberhasilan dalam membudidayakan burung kenari adalah:


  • penangkar itu sendiri,kurangnya pemahaman penangkar dalam merawat dan mengatasi masalah-masalah yang tiba-tiba muncul adalah hal yang pokok.
  • faktor lingkungan sangatlah berperan penting dalam keberhasilan membudidayakan burung kenari.Apakah lingkungan itu aman dan nyaman untuk burung kenari ,tidak adanya binatang pengganggu,suhu yang terlalu panas atau dingin, lingkungan yang bising dan ramai , rungan yang terbuka.
  • sarana dan prasarana yang memadai mulai dari menyiapkan obat-obatan,vitamin , perlenggkapan sangkar dan penerangan.Secara umum sangkar yang digunakan harus memenuhi syarat sebagai berikut:
    1. kebersihan sangkar selalu terjaga
    2. lengkap dengan tempat pakan dan minum
    3. terdapat tempat untuk bersarang dan bahan untuk membuat sarang
    4. cukup ventilasi udara 
    5. terdapat tempat ataupun kayu untuk bertengger
    6. penerangan yang cukup agar kenari tetap hangat
    7. lingkungan yang tidak pengap

    Masalah-masalah yang sering muncul dalam penangkaran burung kenari antara lain adalah :



    1. terlambatnya proses reproduksi
    2. penjodohan yang sulit dilakukan
    3. tidak mau membuat sarang 
    4. tidak segera bertelur
    5. efek dari perubahan musim
    6. egg binding atau telur terjepit atau lengket
    7. telur tidak dibuahi 
    8. betina tidak mau mengeram 
    9. tiba-tiba mati saat mengeram
    10. induk membuang telur
    11. telur hilang
    12. gagal atau terlambat menetas 
    13. anakan mati usia dini 
    14. gagal sapih
    15. bertelur dini 
    16. cabut bulu anakan
    17. tidak segera bertelur kembali
    Diatas adalah masalah-masalah yang sering muncul saat menangkarkan burung kenari diartikel berikutnya saya akan menjabarkan bagaimana kiat ataupun cara mencari solusi terbaik dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapai saat penagkaran burung kenari.Sekian dulu postingan dari saya dan saya ucapkan banyak terima kasih.


       


    PERAWATAN BURUNG LOVEBIRD SUPAYA NGEKEK PANJANG

                        PERAWATAN BURUNG LOVE BIRD SUPAYA NGEKEK PANJANG
    lovebird paskun
    burung love bird pastel kuning kotor by plat ae

    TIPS MERAWAT BURUNG LOVE BIRD

    Burung LOVE BIRD memang sudah banyak digemari dikalangan kicau mania khususnya di Indonesia maupun mancanegara.Burung yang mempunyai ciri khas warna-warni menghiasi tubuhnya dan memiliki klep pada mata seperti boneka mainan yang sangat lucu dan menggemaskan.Burung LOVEBIRD sudah sangat terkenal dikalangan anak-anak,remaja maupun dewasa.Burung yang di Indonesia dikenal dengan nama burung labet(LOVE BIRD),memang sangat disukai dikalangan kicau mania disamping warnanya yang indah dan menarik juga sangat rajin berkicau orang jawa bilang receh.

    Perawatan burung ini tergolong sangat gampang karena hanya memakan biji-bijian dan juga sayur-sayuran.Burung LOVE BIRD yang dahulu orang memeliharanya karena keindahan warnanya tubuhnya tapi seiring berjalannya waktu burung ini juga diturunkan diarena lomba karena semakin banyak peminat burung LOVEBIRD dikalangan kicau mania khususnya di Indonesia,maka bagi sebagian orang hal ini bisa dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan untuk meraih keuntungan dengan cara mengembangbiakkanya,menangkarkanya (BREEDING).

    Perawatan harian untuk burung LOVE BIRD relatif sama seperti burung kicauan yang lainya.Untuk membuat burung LOVE BIRD bisa gacor atau rajin berkicau,kunci utamanya adalah perawatan yang rutin dan konsisten.Saya akan menjelaskan pola rawatan harian untuk burung LOVE BIRD kesayangan anda.

    Berikut adalah pola rawatan dan setelan harian untuk burung LOVE BIRD;
    paskun bersih
    love bird paskun bersih by plat ae

    • Keluarkan burung LOVE BIRD pada pukul 06.00 dihalaman rumah supaya burung dapat menghirup udara pagi hari yang masih segar dan bebas dari polusi.
    • Pukul 07.00 anda bisa memandikan burung LOVE BIRD dengan cara disemprot ataupun dikeramba tergantung kebiasaan burung anda masing-masing.
    • Jangan lupa bersihkan sangkar harian agar burung tidak gampang terkena penyakit dan kutu,jangan lupa tambahkan serta ganti pakan dan air minum.
    • Anda bisa memberi obat atau multivitamin dicampur pada cepok air minum minimal satu kali dalam seminggu untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina burung anda.
    • Kemudian tambahkan sayur-sayuran segar dan biji bunga matahari kesukaan burung LOVE  BIRD,anda juga bisa memberi tulang sotong sebagai asinan.
    • Penjemuran bisa dilakukan maximal 2 jam dari pukul 07.00 sampai 09.00.
    • Setelah melakukan penjemuran angin-anginkan burung diteras rumah selama 15 menit lalu sangkar dikerodong.
    • Selama sangkar dikerodong anda bisa memaster burung kesayangan anda dengan suara masteran MP3 burung LOVE BIRD yang ngekek panjang ataupun suara burung lainya untuk isian yang mempunyai karakter suara vokal yang sama seperti suara burung cililin,kapas tembak,cucak jenggot ataupun kenari.
    • Pemasteran bisa dilakukan sampai sore hari pada pukul 16.00 ,setelah itu anda bisa membuka kerodong dan angin-anginkan burung LOVE BIRD diteras rumah jangan lupa kontrol pakan dan air minum (air minum bisa anda ganti bila perlu).
    • Pukul 17.30 anda bisa krodong kembali sangkar dan perdengarkan suara masteran burung LOVE BIRD kurang lebih selama 2 jam dan biarkan burung LOVE BIRD istirahat sampai keesok harinya.


    PENTING !


    1. Variasi pemberian sayuran segar dan extra fooding adalah kunci sukses keberhasilan dalam merawat burung LOVE BIRD. 
    2. Berikan multivitamin seminggu sekali untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina burung LOVE BIRD supaya tidak gampang terserang penyakit.
    3. Lakukan pengumbaran 2x dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit.
    Untuk mengatasi burung LOVE BIRD dalam kondisi ngedrop;

    1. Anda bisa memperbanyak sayur-sayuran segar dan extra fooding untuk memulihkan kondisi burung LOVE BIRD.
    2. Berikan multivitamin dicampur dicepuk air minum.
    3. Kurangi porsi mandi cukup 2 hari sekali.
    4. Kurangi porsi penjemuran menjadi 60 menit saja.
    Untuk penanganan burung LOVE BIRD yang over birahi (OB);

    1. Perbanyak porsi mandi sehari 3x.
    2. Jika diperlukan berikan terapi mandi malam,bagi sebagian kicau mania mandi malam diyakini sangat ampuh mengatasi burung yang sedang over birahi(OB) dan juga dipercaya memperkuat mental burung.
    3. Lamanya penjemuran dikurangi 30 menit saja.
    4. Jauhkan burung yang over birahi dari burung sejenis.
    5. Waktu pengumbaran bisa dilakukan lebih lama dari biasanya. 


    Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang perawatan dan setelan harian burung LOVE BIRD sesuai pengalaman yang selama ini saya terapkan untuk merawat burung LOVE BIRD kesayangan.Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan tentang perawatan burung LOVE BIRD.

    Kontak Saya

    Nama

    Email *

    Pesan *